1. Jangan pernah berjalan tanpa membawa dokumen. Orang orang yang berjalan sambil membawa dokumen terlihat seperti pekerja keras yang mau ada rapat penting. Orang berjalan tanpa membawa apa apa di tangannya seperti terlihat mau ke kantin. Berjalan dengan koran di tangan seperti mau ke toilet. Pastikan anda membawa banyak dokumen saat mau pulang kantor malam malam. Itu akan memberi kesan yang keliru kalau anda terlalu lama bekerja di kantor dari yang sebenarnya anda lakukan.
2. Gunakan
komputer untuk terlihat sibuk. Ketika anda sedang menggunakan
komputer itu akan terlihat anda sedang bekerja. Anda dapat menulis email atau
chating atau melakukan hal yang tdk ada hubunganya dengan pekerjaan kantor.
Ketika anda ketahuan sama boss anda – dan anda pasti akan ketahuan – pembelaan
diri yang paling mujarab adalah bilang kalau anda sedang belajar mencoba
software baru, ini akan menghemat biaya training, gitu ceritanya.
3. Meja
berantakan. Para manajer akan pergi jika melihat meja anda bersih. Bagi
sebagian kita itu terlihat seperti anda tidak cukup bekerja keras. Tumpuk semua
berkas berkas dokumen di sekeliling ruang anda. Bagi pengamat, pekerjaan tahun
lalu sama seperti kerjaan hari ini. Ini soal banyaknya tumpukan. Ketika anda
mengetahui seseorang sedang menuju meja anda dari balik tumpukan berkas, dan
ketika dia datang anda dapat berpura pura sedang mencari cari dokumen yg
hilang.
4. Voice mail. Jangan
pernah menjawab telpon masuk kalau anda memiliki fasilitas kotak suara. Orang
tidak menelpon anda hanya karena mereka akan memberikan sesuatu yang tanpa
alasan – mereka menelpon anda karena mereka ingin anda melakukan pekerjaan
untuk mereka. Dan itu jangan sampai terjadi. Jika seseorang meninggalkan pesan
voice mail dan kelihatanya seperti soal pekerjaan baru. Telpon balik pas jam
istirahat saat anda mengetahui kalau dia tidak sedang di ruangannya. Itu
kelihatan seperti anda sedang bekerja keras dan tidak merasa bersalah.
5. Terlihat
tidak sabaran. Selalu terlihat tidak sabaran dan terburu buru akan memberi
kesan kepada boss anda kalau anda selalu sibuk.
6. Pulang
kantor telat. Pulanglah belakangan khususnya saat boss anda masih ada di
sekitar kantor. Anda dapat membaca majalah atau buku cerita yg anda ingin baca
tapi tidak sempat. Pastikan saat pulang kantor anda melewati ruangan si boss.
Kirim email pada jam jam 7:30 malam atau 7:05 pagi dan di hari libur.
7. Efek
mendengus. Menghela napas lah yg dalam saat lagi banyak orang di sekeliling
anda. Ini memberi kesan bahwa anda sedang di bawah tekanan.
8. Strategi
menumpuk. Tidak cukup hanya menumpuk kertas kertas dokumen di atas meja
anda. Kalau perlu taruh buku buku tebal di lantai.
9. Kembangkan
kata bahasa. Baca buku buku komputer lihat produk produk terbaru kutip bahasa
jargon dan gunakan itu saat berbicara dengan boss anda. Ingat, mereka tidak
perlu mengerti apa yang anda bicarakan, yang penting anda terdengar menarik.
10. Punya 2
jas. Jika anda bekerja di ruangan kantor yg terbuka, selalu
tinggalkan jas bergantung di belakang kursi anda. Ini memberi kesan kalau anda
sedang di kantor. Dan jas yg kedua bisa anda pakai saat mau keluyuran ke tempat
lain.
11. YANG
PALING PENTING. Jangan sampai boss anda membaca artikel ini !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar