Selasa, 07 Januari 2014

Tips dan trik di kantor


 1. Jangan pernah berjalan tanpa membawa dokumen. Orang orang yang berjalan sambil membawa dokumen terlihat seperti pekerja keras yang mau ada rapat penting. Orang berjalan tanpa membawa apa apa di tangannya seperti terlihat mau ke kantin. Berjalan dengan koran di tangan seperti mau ke toilet. Pastikan anda membawa banyak dokumen saat mau pulang kantor malam malam. Itu akan memberi kesan yang keliru kalau anda terlalu lama bekerja di kantor dari yang sebenarnya anda lakukan.

2. Gunakan komputer untuk terlihat sibuk. Ketika anda sedang menggunakan komputer itu akan terlihat anda sedang bekerja. Anda dapat menulis email atau chating atau melakukan hal yang tdk ada hubunganya dengan pekerjaan kantor. Ketika anda ketahuan sama boss anda – dan anda pasti akan ketahuan – pembelaan diri yang paling mujarab adalah bilang kalau anda sedang belajar mencoba software baru, ini akan menghemat biaya training, gitu ceritanya.

3. Meja berantakan. Para manajer akan pergi jika melihat meja anda bersih. Bagi sebagian kita itu terlihat seperti anda tidak cukup bekerja keras. Tumpuk semua berkas berkas dokumen di sekeliling ruang anda. Bagi pengamat, pekerjaan tahun lalu sama seperti kerjaan hari ini. Ini soal banyaknya tumpukan. Ketika anda mengetahui seseorang sedang menuju meja anda dari balik tumpukan berkas, dan ketika dia datang anda dapat berpura pura sedang mencari cari dokumen yg hilang.

4. Voice mail. Jangan pernah menjawab telpon masuk kalau anda memiliki fasilitas kotak suara. Orang tidak menelpon anda hanya karena mereka akan memberikan sesuatu yang tanpa alasan – mereka menelpon anda karena mereka ingin anda melakukan pekerjaan untuk mereka. Dan itu jangan sampai terjadi. Jika seseorang meninggalkan pesan voice mail dan kelihatanya seperti soal pekerjaan baru. Telpon balik pas jam istirahat saat anda mengetahui kalau dia tidak sedang di ruangannya. Itu kelihatan seperti anda sedang bekerja keras dan tidak merasa bersalah.

5. Terlihat tidak sabaran. Selalu terlihat tidak sabaran dan terburu buru akan memberi kesan kepada boss anda kalau anda selalu sibuk.

6. Pulang kantor telat. Pulanglah belakangan khususnya saat boss anda masih ada di sekitar kantor. Anda dapat membaca majalah atau buku cerita yg anda ingin baca tapi tidak sempat. Pastikan saat pulang kantor anda melewati ruangan si boss. Kirim email pada jam jam 7:30 malam atau 7:05 pagi dan di hari libur.

7. Efek mendengus. Menghela napas lah yg dalam saat lagi banyak orang di sekeliling anda. Ini memberi kesan bahwa anda sedang di bawah tekanan.

8. Strategi menumpuk. Tidak cukup hanya menumpuk kertas kertas dokumen di atas meja anda. Kalau perlu taruh buku buku tebal di lantai.

9. Kembangkan kata bahasa. Baca buku buku komputer lihat produk produk terbaru kutip bahasa jargon dan gunakan itu saat berbicara dengan boss anda. Ingat, mereka tidak perlu mengerti apa yang anda bicarakan, yang penting anda terdengar menarik.

10. Punya 2 jas. Jika anda bekerja di ruangan kantor yg terbuka, selalu tinggalkan jas bergantung di belakang kursi anda. Ini memberi kesan kalau anda sedang di kantor. Dan jas yg kedua bisa anda pakai saat mau keluyuran ke tempat lain.

11. YANG PALING PENTING. Jangan sampai boss anda membaca artikel ini !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar