Jumat, 10 Januari 2014

Manhattan project

CIKAL bakal di mulainya riset tentang pemanfaatan Uranium dan Plutonium sebagai bahan bakar bom atom bermula dari surat yang di tujukan untuk Presiden Roosevelt yg di buat oleh Leo Szilard ditandatangani oleh Albert Einstein pada 2 Agustus 1939.

Sebenernya Einstein tidak berkepentingan dengan riset atom tetapi karena pada era itu Einstein di anggap ilmuwan fisika yang sangat berpengaruh dan karena surat ini di tujukan kepada presiden Amerika maka Einstein lah yang di anggap sangat pantas dan diminta untuk menandatanganinya. Sampai saat ini masih banyak yang beranggapan kalau teori Einstein bisa untuk buat bom atom... padahal tidak ada hubungannya langsung. Teori tersebut hanya menyebutkan betapa besarnya energi yang di kandung dalam sebuah materi.

Inti dari surat ini berisi soal kemungkinan Amerika untuk segera membuat bom atom karena kekhawatiran terhadap riset atom Nazi Jerman. Setelah beberapa bulan akhirnya presiden setuju lalu di mulailah proyek pengembangan bom atom yang pertama. Proyek yang bernama Manhattan Project ini di pimpin oleh Jend. Leslie Grooves dan pada sisi keilmuan di bawah arahan si jenius J. Robert Openheimer.

Proyek super rahasia berbasis di Los Alamos New Mexico berbiaya 60 milyar dollar yang menghabiskan waktu sekitar 4 tahun ini akhirnya berhasil membuat bom atom yang pertama. Penyerangan Jepang terhadap pangkalan militer Pearl Harbour menyeret Amerika ke dalam kancah perang Pasifik. Akibatnya Amerika merubah rencana strategisnya dengan Jepang sebagai sasaran utamanya. Setelah Fat Man dan Little Boy di jatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki maka berakhirlah perang dunia ke 2. Dengan menyerahnya pasukan Jepang di seluruh negara jajahannya maka memudahkan rakyat Indonesia mendapatkan Kemerdekaan.

Meski perang dunia telah berakhir bukan berarti dunia jadi adem ayem, Amerika dan Soviet ingin menjadi penguasa tunggal di bidang militer. Maka di mulailah perang dingin antar dua adi daya itu. Melihat efek yang di timbulkan dari kedasyatan bom atom maka lusinan proyek pengembangan bom atom di buat demi mendapatkan bom atom yang lebih dasyat. Perlombaan senjata di mulai.

Setelah runtuhnya Soviet alias berakhirnya era perang dingin ribuan deposit misil berkepala nuklir masih disimpan dalam silo silo. Para pecinta damai mengkhawatirkan adanya kekuatan jahat seperti teroris yang memiliki kemampuan untuk meluncurkannya. Oppenheimer sendiri seusai proyek Manhattan berbalik arah dengan kampanye bahaya perang nuklir, dia meminta riset atom harus di bawah pengawasan badan dunia dan hanya di peruntukan untuk kepentingan riset ilmu pengetahuan.

Negara pemilik senjata nuklir memiliki teori... TIDAK MAU MENDAHULUI PERANG NUKLIR, TAPI JUGA TIDAK MAU DI DAHULUI, nah lho ... Planet bumi tempat berhuni satu-satunya ini di hancurkan oleh penghuninya sendiri.




December 22, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar