Jumat, 10 Januari 2014

Tentang otak

OTAK merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital karena dia mengendalikan seluruh kegiatan tubuh. Ada yang harus di fikir dulu dan ada yang berlangsung secara otomatis seperti detak jantung ato gerakan refleks. Karena tugas otak yang berat maka dia membutuhkan sumber energi yang besar pula, sekitar 2/3 sirkulasi darah manusia di berada oleh otak yang hanya sekitar 2kg itu.
Meski cara kerja otak masih merupakan misteri tapi para ahli telah berhasil mengetahui bagaimana otak berfikir atau mengingat sesuatu.

Otak manusia berisi ratusan milyar neuron yang terhubung secara elektro-kimia. Banyaknya koneksi antar neuron menggambarkan banyaknya variasi informasi yang tersimpan dalam otak. Setiap kali kita belajar sesuatu yang baru maka akan terbentuk jalinan koneksi yang baru, semakin banyak koneksi juga berarti semakin banyak simpul atau persimpangan atau percabangan sehingga akan menciptakan kemungkinan variasi informasi yang yang lebih besar.

Analogi bagaimana jumlah simpul berhubungan dengan daya ingat. umpamakan seperti kalau kita mau ke sesuatu tempat jika memiliki alternatif jalan maka kemungkinan tersesat adalah kecil, banyaknya persimpangan atau cabang jalan juga akan mempercepat sampai tujuan.
Analogi bagaimana jumlah simpul berhubungan dengan banyaknya informasi. Bayangkan kalau kita akan berjalan di banyak jalan maka apa yang akan kita lihat juga lebih banyak daripada hanya satu jalan.

Setiap kali kita mengulang apa yang sudah kita ketahui maka akan memperkuat koneksi antar neuron tersebut. Analoginya seperti saluran air yang selalu kita lewatkan air sehingga bersih tanpa ada kotoran yang nempel. Dengan terus mengulang maka saluran akan terus di lewatkan oleh elektro kimia.
Peristiwa lupa terjadi karena aliran elektro kimia yang terhambat atau menemui jalan buntu. Lalu biasanya kita berpikir keras untuk mengingatnya kembali, saat itulah pentingnya memiliki percabangan yang banyak karena elektro kimia dapat menghubungkan neuron yang lain meski jalan yang satu buntu atau putus.




December 21, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar