Jumat, 10 Januari 2014

Sekilas facebook


SUDAH 5 th Facebook hadir di planet biru tapi mungkin masih ada yang belum tau cerita di balik kesuksesan situs ini.

Facebook emang top abis, menurut Comscore, sebuah perusahaan riset internet, pada Juni 2008 situs ini menduduki tempat terdepan sbg situs sosial networking yang menarik pengunjung sampai 132 juta orang dan telah mengambil alih posisi Myspace yang lahir duluan dengan pengunjung 117 juta.

Cerita Facebook di mulai dari kamar mess mahasiswa tahun ke 2 universitas Harvard yg bernama Mark Zuckerberg. Sebelum menciptakan Facebook terlebih dahulu Mark aktif sbg programmer di Facemash, yang salah satunya dengan membuat aplikasi online “Siapa yang paling hot di kampus”. Ini semacam polling jajak pendapat iseng antar mahasiswa. Cuman sayangnya untuk mendapatkan foto foto yang di butuhkan dia meng copy secara ilegal dengan meng- hack jaringan komputer Harvard lalu men download foto foto dari ID para penghuni mess. Sampai akhirnya ketahuan sama administrator kampus yang nyaris saja mendakwa Mark, tapi akhirnya di batalkan. 

Merasa kurang leluasa di Facemash, pada semester berikutnya Mark menciptakan Facebook yang di launch pada 4 February 2004 dengan alamat awal thefacebook.com. Semua orang banyak membicarakan situs baru ini yang pada bulan pertamanya sudah mampu menggaet hampir setengah populasi Harvard. 2 orang teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Chris Hughes kemudian turut membantu Mark dalam mempromosikan web site ini.

Member sedianya hanya di peruntukan bagi para mahasiswa Harvard, pada Maret di expand smp ke kampus Stanford, Columbia dan Yale. Lalu di lanjutkan ke semua SMA, universitas di US dan Kanada termasuk juga pegawai Apple dan Microsoft. Cool !.
Akhirnya pada tanggal 26 September 2006 Facebook di buka untuk semua orang di seluruh dunia dengan syarat ringan yaitu usia 13 th ke atas.

Facebook yang awalnya di danai secara donasi dari berbagai pihak saat ini memiliki nilai pasar 15 milyar dollar alias 150 triliun perak! alias 18% APBN kita. 
Dengan potensi sebesar itu banyak perusahaan besar yang naksir untuk membeli Facebook seperti Yahoo!, Microsoft, Google sampai milyuner Li Ka-Shing.
Melihat kesempatan meraup untung yang super besar ini hebatnya sang pendiri si Mark berkata bahwa itu semua bukan focus utama saat ini dan dia tidak tertarik untuk menjualnya.

Meski sudah hebat para pendiri Facebook terus berupaya untuk mengembangkan situs ini dengan beragam aplikasi dan game guna menarik lebih banyak pengunjung. Akhir tahun 2007 sudah ada 7000 aplikasi yang di kembangkan di platform Facebook. Satu tahun kemudian angka sudah mencapai 33.000 dengan jumlah programmer freelance tersebar di seluruh dunia sekitar 400.000 orang.

Tidak ada gading yang tak retak. Facebook juga menuai kritik dan kontroversi dari berbagai pihak mulai dari issue yang sifatnya yang terbuka sampai ketakutan akan gerakan oposisi.. Banyak lembaga dan perusahaan yang mengharamkan situs ini saat jam kerja karena memang tidak ada hubungannya dengan urusan kerja.
Negara tertutup macam Syria dan Iran juga mem-block situs ini jangan sampai mampir ke salah satu jaringan internetnya.

Saat ini Facebook memiliki 175 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Bisa di bayangkan bagaimana besarnya resource yg di pakai. Indonesia yg sebuah negara saja tdk mampu menangani data penduduknya… urusan itu cemen bagi Facebook dgn 400 pegawainya.

Tiga serangkai bujangan 20an yg di motori oleh Mark ini emang kelewat pinter. Kelihaianya membuat program jauh sebelum Facebook membuatnya di lirik oleh Microsoft dan AOL untuk di rekrut jadi pegawainya, tapi dia lebih memilih utk kuliah di Harvard.
Ada sedikit berita yg menodai namanya yaitu saat di klaim sama mantan 3 teman kuliahnya kalau Mark telah mencuri ide Facebook. Gak mau panjang lebar akhirnya tahun 2008 Mark setuju utk membayar 65 juta dollar. Lumayan bo duit gratisan!

Tahun ini Mark masuk dalam daftar 400 orang terkaya di Amrik dengan 1 milyar dollar. Plus embel embel termuda… hebat tenan !.
Bayangin umur baru 25 th tapi duitnya udh 10.000.000.000.000 alias lebih 10 trilyun perak. Lebih dari cukup buat traktir seluruh cewek di permukaan bumi ini.

Oya… si jenius keturunan Yahudi kelahiran th 84 ini bintangnya sama lho dengan gue, yaitu Taurus. Ehm ehm.



April 18, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar