Selasa, 07 Januari 2014

Kecepatan cahaya

MUNGKIN kita pernah menghayal enak jika bisa melesat secepat cahaya. Memang enak karena kita bisa sampai ke seluruh tujuan di muka bumi ini hanya dalam 1/8 kedipan mata saja. 
Selain itu umur juga menjadi lebih muda. Keren khan...

Apa bisa?

Menurut pendapat/teori dari orang yang paling pinter yaitu eyang Einstein... itu adalah sesuatu hal yang mustahil. Dia bilang tidak ada sesuatu yang bisa melebihi kecepatan cahaya selain cahaya itu sendiri.
Bahkan andai saja diperlukan bahan bakar sebanyak yg ada di bumi ini... masih tidak akan bisa mengalahkan larinya sang cahaya.
Gimana bisa begitu?

Materi akan bertambah berat saat kecepatanya bertambah. Jika materi berusaha untuk bergerak lebih cepat maka beratnya pun akan bartambah pula. Karena tambah berat maka materi berusaha lebih keras lagi untuk lebih cepat... tapi sayangnya semakin dia berusaha cepat semakin bertambah pula beratnya. Sampai akhirnya energinya sudah keburu habis sebelum mampu melampaui kecepatan cahaya.
Lalu gimana dengan peristiwa Isra Mi'raj?

Peristiwa yg d sebut dlm Qur'an itu, nabi Muhammad seakan bergerak dgn kecepatan cahaya saat menuju sidratul muntaha di langit ke 7 lalu balik lg ke Mekah hanya dlm waktu semalam.

1285 th kemudian alias th 1905 teori relativitas tentang ruang-waktu-materi sang jenius Einstein menyatakan bahwa tdk ada sesuatu dpt bergerak secepat cahaya kecuali cahaya itu sendiri.
Terus kok bisa? 

"Kun fayakun !" titah Allah


Lalu apakah masih ada peluang untuk itu. Tentu.
Harus di urai ke level partikel alias atom.
Bener bener bisa?

Sekarang belum tapi suatu saat pasti bisa... wallahualam bi shawab


January 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar